Streaming Gerhana Matahari 29 April 2014 di Indonesia

Tampilan laman Sistem Informasi Pengamatan Hilal Kemeterian Komunikasi dan Informasi. Streaming Gerhana Matahari 29 April 2014 bakal berlangsung di sini.

Tampilan laman Sistem Informasi Pengamatan Hilal Kemeterian Komunikasi dan Informasi. Streaming Gerhana Matahari 29 April 2014 bakal berlangsung di sini.

Seperti diketahui, pada Selasa 29 April 2014 ini akan terjadi Gerhana Matahari. Di Indonesia, gerhana ini hanya akan nampak sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Maka entah mau diamati dengan cara dan alat apapun, Matahari hanya akan terlihat tercuwil/teriris pada saat puncak gerhana di Indonesia. Tak ada bentuk cincin seperti yang dihebohkan sebagian kalangan dalam 1-2 hari terakhir.

Meski kebagian wilayah gerhananya, namun Indonesia sejatinya tidak begitu beruntung. Magnitudo gerhana di seluruh kabupaten/kota yang tercakup dalam wilayah gerhana di enam propinsi cukup kecil. Sehingga gerhana ini sangat sulit untuk bisa disaksikan dengan mata tanpa alat bantu apapun.

Namun jangan khawatir, ada sejumlah institusi dan komunitas yang telah bersiap menyambut gerhana Matahari ini dengan perlengkapan masing-masing, minimal teleskop. Mereka adalah :

1. Observatorium dan klub astronomi as-Salam (CASA) dari pondok pesantren modern as-Salam Surakarta (Jawa Tengah), dengan titik observasi di Pacitan (Jawa Timur).

2. Lajnah Falakiyyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) bersama Kementerian Agama Kanwil Jawa Timur serta sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur, dengan titik observasi di Krasak, Tegalsari, Banyuwangi (Jawa Timur).

3. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai 3 Denpasar, dengan titik observasi di Denpasar (Bali).

4. BMKG Pusat bidang Gravitasi dan Tanda Waktu bersama Stasiun Geofisika Pusat, dengan titik observasi di Kupang (NTT).

5. Surabaya Astronomy Club (SAC) bersama Stasiun LAPAN Watukosek, dengan titik observasi di Watukosek, Pasuruan (Jawa Timur).

6. Jogja Astro Club (JAC) dengan titik observasi di pantai Parangkusumo (DIY), namun konfirmasi terakhir memastikan batal menyelenggarakan observasi.

Dari kelima titik observasi itu, salah satu diantaranya (yakni dari titik Kupang) bakal menyajikan hasilnya secara langsung lewat streaming melalui laman Sistem Informasi Pengamatan Hilal Kementerian Komunikasi dan Informasi. Silahkan lihat di sini. Jadi bila anda tak sedang bertempat di pojok tenggara Jawa Tengah, sebagian DIY, sebagian Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat maupun Nusa Tenggara Timur, tak perlu merasa kecewa. Observasi Gerhana Matahari di Indonesia dapat disaksikan melalui streaming tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s